Headlines News :
Home » , , , , , , , , , , , » Petani Terancam Gagal Panen, Serangan Hama Semakin Meluas

Petani Terancam Gagal Panen, Serangan Hama Semakin Meluas

Written By Frans andika on Saturday, February 2, 2013 | 3:36 PM

Sejumlah petani di Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, dalam sebulan  belakangan ini mengeluhkan tanaman padi mereka diserang hama wereng. Akibatnya para petani terancam gagal panen.

Hal tersebut diungkapkan, Desi Picak (41) salah seorang petani didaerah itu, Jumat tadi (1/2). Menurutnya serangan hama wereng ini sudah tampak sekitar sebulan lalu, sehingga bulir padi menjadi hampa.

Para petani sebetulnya sangat berharap petugas penyuluh pertanian turun kelapangan."Kami sudah coba melakukan penyemprotan agar serangan hama wereng tidak meluas, namun tetap saja menyerang,"Katanya.

Untuk itu Desi yang juga Ketua Pemuda Kasik, Nagari Koto Sani meminta kepada Dinas Pertanian Kabupaten Solok agar turun kelapangan untuk membantu para petani menyediakan racun, serta mencari solusinya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Solok, Syafri Dt Siri Marajo meminta agar Dinas Pertanian turun segera untuk mengatasi hal ini, jika tidak padi milik masyarakat akan mengalami gagal panen.

"Sudah sebulan belakangan ini para petani terancam gagal panen akibat padi mereka diserang hama wereng." Ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD menambahkan, bahwa saat ini sebagain besar areal persawahan di nagari Koto Sani dan sekitarnya hampir semuanya diserang hama tersebut dan jangan sampai merambah ke daerah lain.(*)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Frans Andika | Berita Minang | BLKSQUAD
Copyright © 2013. Berita Minang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blog Frans | Informasi Dunia Maya
Proudly powered by BERITA MINANG