Headlines News :
Home » , » Rp 100 juta Untuk Bundo Kanduang

Rp 100 juta Untuk Bundo Kanduang

Written By Frans andika on Saturday, February 2, 2013 | 3:29 PM

Keberadaan Bundo Kanduang telah melekat dengan adat dan budaya Minangkabau. Hal itu menjadikannya memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam menanamkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau, terutama membentuk akhlak generasi muda.

Hal itu disampaikan Walikota Padang Fauzi Bahar, pada acara Pelantikan Pengurus Bundo Kanduang se-Kota Padang di Palanta Kediaman Walikota Padang, Rabu (9/1). Turut dihadiri Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SKPD Kota Padang, Ketua Bundo Kanduang Sumbar Puti Reno Raudha Thaib, Penasehat Bundo Kanduang Kota Padang Mutiawati Fauzi Bahar, Ketua GOW Kota Padang Harnelly Mahyeldi, Buya Masoed Abidin, dan Bundo Kanduang se-Kota Padang.

Dijelaskan Fauzi, mengingat pentingnya keberadaan Bundo Kanduang dalam membentuk akhlak dan menjadi tauladan bagi generasi muda, Bundo Kanduang harus bisa mewujudkan peran dan fungsi sebagai perempuan Minangkabau dalam menerapkan fungsi adat Minangkabau.

“Kelembagaan Bundo Kanduang harus diperkuat, dan Pemko Padang akan mendukung penuh setiap kegiatan Bundo Kanduang”, ujar Fauzi.

Sementara itu, Wakil Walikota Mahyeldi Ansharullah, dikesempatan yang sama menjelaskan, di tahun 2013 ini Pemko Padang akan menganggarkan dana sebesar 100 juta untuk kelembagaan Bundo Kanduang se-Kota Padang, baik yang berada di tingkat kelurahan, kecamatan, dan tingkat Kota Padang.

“Melestarikan adat dan warisan budaya memerlukan kerja keras dan kebersamaan,” tambah Mahyeldi.

Diharapkan, kelembagaan Bundo Kanduang se-Kota Padang bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, serta mengoptimalkan setiap kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau, terutama membangun akhlak generasi muda.

Pada acara pelantikan pengurus Bundo Kanduang se-Kota Padang tersebut juga digelar Diskusi Panel tentang “Implementasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) Dalam Pembentukan Perilaku Pribadi dan Masyarakat”, dengan pembicara Ketua Bundo Kanduang Sumbar Puti Reno Raudha Thaib dan Buya Masoed Abidin. (*)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Frans Andika | Berita Minang | BLKSQUAD
Copyright © 2013. Berita Minang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blog Frans | Informasi Dunia Maya
Proudly powered by BERITA MINANG